G Pro Media | Kawannya Proyektor Jogja

G Pro Media | Kawannya Proyektor Jogja

Tingkatan Resolusi Dan Pengertian Ansi Lumens Pada LCD Proyektor Serta Memilih LCD Proyektor Yang Cocok Untuk Acara Kawan


Bismillah…
Hai kawan G Pro Media, Bagaimana kabarnya nih ???
Pada kesempatan kali ini kita akan belajar tentang tingkatan resolusi pada LCD Proyektor / Projector, Pengertian ANSI Lumens dan Cara memilih LCD Proyektor yang sesuai kebutuhan acara kita… Yuk 😊
  • Tingkatan Resolusi Pada LCD Proyektor 

Ukuran tingkatan resolusi pada proyektor memiliki tingkatan dan tipe yang beragam, mulai dari yang paling rendah adalah SVGA sampai yang paling tertinggi WUXGA. Semakin tinggi ukuran resolusi pada sebuah LCD proyektor, maka semaikn besar pula ukuran gambar yang akan ditampilkan pada layar proyektor. Tentunya semakin besar tingkatan ukuran resolusi pada lcd proyektor semakin tinggi pula harga dari proyektor itu sendiri. Adapun tipe tingkatan resolusi pada proyektor ada enam, yaitu SVGA, XGA, SXGA+, WVGA, WXGA dan WUXGA. Dari tipe-tipe proyektor tersebut, masing-masing mempunyai ukuran yang berbeda. Untuk tiga tipe resolusi yaitu SVGA, XGA, dan SXGA+, masing-masing menunjukkan ukuran resolusi yang ditampilkan pada layar standar 4:3 seperti halnya komputer dan lcd proyektor. Sedangkan untuk tiga tipe resolusi yaitu WVGA, WXGA dan WUXGA, menunjukkan resolusi yang digunakan pada piranti dengan layar lebar 16:9 seperti lcd proyektor home cinema atau bioskop-bioskop
untuk tipe resolusi SVGA mempunyai ukuran 800 × 600. Tipe resolusi SVGA dapat digunakan untuk menampilkan video, atau bisa juga untuk menampilkan presentasi bisnis ataupun tugas-tugas pendidikan seperti memuat slide powerpoint, pdf, word, atau yang semisalnya. Tipe resolusi SVGA terdapat pada Lcd proyektor merk Epson EB-S200, Microvision MS330, NEC VE281G, dan merk lcd proyektor lainnya. Sedangkan untuk tipe XGA mempunyai resolusi ukuran sebesar 1024 x 768, diantaranya terdapat pada lcd proyektor merk Panasonic PT-LB1VEA. Sedangkan tipe SXGA+ mempunyai resolusi ukuran 1400 x 1050. Kemudian untuk resolusi layar lebar 16:9, seperti pada tipe WVGA mempunyai resolusi ukuran 854 x 480, yang bisa digunakan untuk menampilkan video dengan kualitas ukuran 480p. Sedangkan WXGA mempunyai resolusi ukuran 1280 x 720, yang bisa digunakan untuk menampilkan video berukuran 720p. Dan untuk yang paling tinggi yaitu WUXGA mempunyai resolusi ukuran yang besarnya hingga 1920 x 1080, dan bisa menampilkan video dengan kualitas ukuran sampai 1080p.
  • Pengertian Ansi Lumens Proyektor dan Perbedaan Contrast Ratio dengan Throw Ratio Proyektor 

Kawan pasti sering mendengar  yang namanya ansi lumens. Lalu apa sih sebenarnya ansi lumens proyektor itu? ansi lumens proyektor adalah standarpengukuran kuat cahaya yang dihasilkan oleh proyektor, semakin tinggi ansi lumens, maka tampilan gambar dari proyektor akan semakin terang. Standar pengukuran ini dikeluarkan oleh American National Standard Institute (ANSI).
Dalam dunia proyektor juga terdapat hal yang sepele tetapi masuh banyak dari kita yang belum mengetahuinya, yaitu perbedaan contrast ratio dan throw ratio proyektor. Contrast ratio merupakan hasil perbandingan antara cahaya yang paling terang dengan yang paling gelap yang dihasilkan dari Lcd proyektor. Semakin tinggi contrast ratio maka warna hitam yang dihasilkan dari Lcd proyektor akan semakin hitam pula.
Misalkan ada sebuah Lcd proyektor dengan Brightness 2500 ansi lumens, cahayanya yang paling terang adalah 2500 ansi lumens dan cahayanya yang paling gelap adalah 4 ansi lumens, maka Contrast rationya adalah 2500:4 yaitu 625:1. Apabila menggunakan ruangan yang cukup terang (misalkan 100 ansi lumens), maka cahaya yang paling gelap dari lcd proyektor adalah 100 ansi lumens, sehingga contrast ratio yang bisa dicapai adalah 2500:100 yaitu 25:1, maka lebih dari cukup apabila menggunakan proyektor dengan contrast ratio 625:1.
Sedangkan Throw ratio merupakan hasil perbandingan antara jarak layar ke Lcd proyektor dengan lebar layar yang digunakan. Semakin tinggi Throw ratio, maka jarak antara layar ke lcd proyektor akan semakin jauh. Misalkan ada sebuah lcd proyektor mempunyai throw ratio 1,5 – 1,8 : 1, sedangkan layar yang digunakan berukuran 4x3 meter, maka jarak terdekat antara layar dengan lcd proyektor adalah 4x1,5 = 6 meter, dan jarak terjauh antara layar dengan lcd proyektor adalah 4x1,8 = 7,2 meter.
  • Bagaimana Cara Memilih Ansi Lumens LCD Proyektor Yang Sesuai Kebutuhan Acara Kawan ??? 


Lcd proyektor dapat digunakan untuk berbagai acara. maka dari itu, sebelum memulai acara kita harus bisa memilih LCD proyektor yang sesuai dengan kebutuhan kita. Memilih lcd proyektor menjadi hal yang sangat penting untuk menghasilkan acara yang bagus dan sesuai dengan harapan kita kawan.
Nah berikut ini adalah ukuran ansi lumens yang wajib kita ketahui dalam penggunaan Lcd proyektor agar sesuai dengan kebutuhan acara kita:

  1. Lcd proyektor dengan lumens kurang dari 1500 lumens membutuhkan pencahayaan yang redup atau minim, seperti ruang ujian Skripsi. 
  2. Lcd proyektor dengan lumens antara 1500 hingga 2000 lumens cukup untuk ruangan dengan pencahayaan standar, hampir sama dengan poin pertama yaitu seperti ruang ujian skripsi. 
  3. Lcd proyektor dengan lumens 2500 ansi lumens VGA untuk presentasi kelas ruang terbuka dengan pencahayaan sedang seperti ruang kelas yang menggunakan layar berukuran 1,8 x 1,8 meter. dengan masa audience sebanyak 80 hingga 100 orang. 
  4. Lcd proyektor dengan lumens antara 2700 hingga 3000 lumens SVGA digunakan untuk ruangan siding pengadilan. menggunakan layar berukuran 1,8 x 1,8 meter (70”) atau maskimal layar berukuran 2,5 x 2,5 meter. dengan masa audience sebanyak 100 hingga 200 orang.
  5. Lcd proyektor antara 3000 hingga 3500 lumens memiliki pencahayaan yang kuat dapat digunakan di gedung aula atau ruang kuliah yang besar pada siang hari. biasanya tipe resolusi proyektor SVGA hingga XGA dengan menggunakan layar  96 inchi hingga ukuran 2x3 meter. masa audience sebanyak 200 sampai 300 orang.
  6. Lcd proyektor antara 3500 hingga 5000 lumens biasaya digunakan untuk seminar-seminar di ruangan besar seperti ballroom, aula, dll. tipe resolusi proyektor yang digunakan biasa XGA hingga SXGA dan biasanya menggunakan layar yang berukuran lebih 2x3 meter sampai 4x6 meter. masa audience lebih dari 500 orang. 
  7. Sedangkan Lcd proyektor dengan lumens antara 5000 hingga 10000 lumens digunakan untuk keperluan mega konser dengan penonton yang mencapai ribuan orang. Layar yang digunakan juga berukuran besar yaitu 4x6 meter atau diatasnya.

Untuk artikel yang menjelaskan tentang proyektor terbaik untuk dipakai di Rumah bersama keluarga insyaa Allah akan kami tuliskan pada artikel berikutnya kawan. oh iya, dari berbagai macam ansi lumens yang bisa kawan pilih untuk keperluan acara kawan, sekarang bisa lebih mudah didapatkan diantara kawan bisa memcari tempat rental yang mudah dan murah. dan kini di Gamping khususnya dan Jogja istimewa pada umumnya sudah tersedia tempat rental Lcd proyektor yang mudah dan murah sesuai dengan kebutuhan kawan. hubungi kami kawan G Pro Media di nomor kontak 0857 4331 8914 yang beralamatkan di Jalan Panji Joseno, Gamping Lor RT 3 RW 11 Ambarketawang, Gamping, Sleman, Yogyakarta. G PRO Media kawannya proyektor jogja.😃
 
Previous
Next Post »

Denah Lokasi G Pro Media